Tuesday 4 February 2014

Macam-macam aliran seni lukis yang berkembang di dunia

Pengertian dan Fungsi Seni Lukis

Seni lukis merupakan karya seni rupa yang diungkapkan dalam  bidang dua dimensional melalui sebuah gambar. Perkembangannya dari seni lukis sejak lahirnya aliran seni lukis, disaat itu juga bersamaan dengan terciptanya beberapa karya seni rupa seperti karya seni bangunan, seni patung, dan seni relief. Di mana sebuah karya tersebut terutama setelah dibangkitkannya nilai-nilai klasik pada zaman kerajaan Yunani-Romawi. 


FUNGSI SENI LUKIS  berfungsi sebagai media komunikasi (sosial) melalui sebuah gambar dan ekspresi seseorang / seminan (individual) dalam upaya merespon berbagai aspek yang ada di lingkungannya melalui karya yang akan dibuatnya. Gaya lukisan seseorang atau kelompok yang memiliki kesamaan pandangan dalam pengungkapan ide, gagasan, tema, dan bentuk ungkapan.


Pendahuluan 


Seni lukis merupakan sesuatu karya seni yang berorientasi pada sebuah gambar yang sudah ada dari sejak zaman dahulu dan sampai sekarang tetap akan terus berkembang dan mengalami kemajuanyang sangat signifikan. Aliran seni lukis yang sudah mendunia sejak dulu tanpa disadari dalam seni lukis itu ada beberapa alirannya dan sudah banyak juga tokoh-tokoh seni yang mendunia melalui karya-karyanya. Semua banyak sudah mengetahui tokoh-tokoh seni lukis, akan tetapi tidak semua orang mengetahui bahwa dibalik seni lukis itu tersimpan beberapa aliran yang digunakan oleh setiap seniman dalam proses pembuatan karya seni lukis tersebut . Setiap seniman itu memiliki gaya dan ciri khas yang tersendiri dalam membuat sebuah  lukisan dan beberapa seniman itu menggunakan salah satu aliran yang berbeda-beda namun tetap membuat lukisan tersebut tetap menarik dan Indah di pandang mata. 



PERKEMBANGAN SENI LUKIS MODERN melihat bagaimana seni lukis ini mencapai suatu masa modern (seni rupa modern) yaitu tumbuhnya keinginan melukis atas dasar kebutuhan ekspresi jiwa senimanTerutama (dimulai) pada masa karya lukisan yang disebut impresionismeBerkembang di Eropa dan mempengaruhi perkembangan seni rupa di dunia

Macam-macam aliran Seni Lukis yang berkembang di dunia:
1.Romantisme :
Seni lukis atau aliran seni lukis yang mana seni lukisannya mengungkapan sebuah kejadian atau perisitiwa yang dianggap sangat menarik dan istimewa.Kecendrungan aliran seni lukis romantisme sangat kaku dan statis dari sebuah hasilnya.
Ciri-ciri aliran romantisme bisa kita lihat sebagai berikut :
•Tema kejadian yang mengenaskan/kegetiran;
•Ungkapan penuh gerak dan berlebihan;
•Kecenderungan dramatisasi;
•Warna cenderung cerah;





Contoh gambar dalam aliran Romantisme













2.Realisme 
Aliran seni lukis ini sangat mengungkapkan tentang fenomena yang terjadi di dunia ini misalnya kita bisa lihat dari sebuah kenyataan alam dan kehidupan yang dialami secara objektif dan nyata. Sebagai sanggahan dari aliran Realisme atas aliran klasisisme yang statis dan romantisme yang berlebihan dan mengada-ngada terutama didukung oleh bangkitnya sosialis di era abad 17-18.

Ciri-Ciri aliran Realisme bisa kita lihat sebagai berikut :
1.Gambar sesuai dengan fakta-fakta dan asli buatan alam.
2.Tidak melebih lebihkan unsur warna dan keindahan seni
3. Meniru bentuk-bentuk di alam secara akurat


Tokoh-tokoh dalam aliran Realisme
Corot, Jean-BaptisteCamille (1796-1875)
Millet,Jean-François(1814-1875)
Courbet,Gustave(1819-1877)













3.Neo Klasissme 
Aliran seni lukis ini hampir mirip sama dengan klasisme yang mana aliran ini lebih melanjutkan klasissme yang sangat dipengaruhi oleh hadirnya beberapa seniman akademis yang sangat populer pada zamannya.

Ciri-Ciri aliran Neo Klasisme bisa kita lihat sebagai berikut :
Tema Istana dengan melibatkan keluarga,
Pewarnaan semakin berkembang,
Tenang dan lembut,
Terdapat gerakan pada objek benda.

Tokoh-tokoh dalam aliran NeoKlasisme :
David, Jacques-Louis (1748-1825)
Ingres, Jean-Auguste(1788-1867)


contoh gambar neo klasisme

















4.Klasisme merupakan aliran seni lukis yang lahir pada zaman Renaisance abad ke 14, yakni sebuah awal mulanya kembalinya pandangan dari sebuah seniman tentang  pandangan dan kekaguman kaum penguasa, bangsawan dan istana dari kerajaan pada zamannya itu  kepada seni klasik Yunani dan Romawi.

Ciri-Ciri aliran Klasisme bisa kita lihat sebagai berikut : 

1.Penggambaran objek dibuat-buat oleh sendirinya
2.Objek diperoleh dengan teknik dekoratif 
3.Terkesan objeknya terlihat Indah dan Sopan


Tokoh-tokoh dalam aliran seni rupa klasisme:

1. Bartholome Vignon ( 1762 – 1846 ),
2. Jaques Lovis David ( 1974 – 1825 ),
3. Jan Ingles ( 1780 – 1867 ).
contoh gambar klasisme









contoh gambar klasisme












5.Naturalisme : Aliran seni lukis yang sangat memperhatikan kepada sebuah kadaan alam yang divisualisaskan ke dalam sebuah kanvas yang mana sangat disukai oleh beberapa kalangan tentang seni naturalisme ini .

Ciri-ciri aliran Naturalisme sebagai berikut :

1.Tema alam lingkungan yang dianggap memiliki potensi alam yang tinggi
2.Mengutamakan unsur-unsur keindahan.
3.Tidak banyak melibatkan ekpresi melainkan sebuah objektif yang nyata.4.Selalu berusaha menampilkan unsur alam yang objektif


Tokoh-tokoh dalam aliran seni Naturalisme ::

 Rembrant, Williamn Hogart dan Frans Hall

Tokoh di Indonesia yang menganut corak ini : Raden Saleh, Abdullah Sudrio Subroto, Basuki Abdullah, Gambir Anom dan Trubus


contoh gambar aliran Naturalisme

















6.Art Deco : Aliran ini sangat populer pada akhir perang dunia 1 dan masuk ke perang dunia 2 Dari sinilah lahir Art Deco yang menjadi penanda jaman dalam bentuk-bentuk Arsitektur yang anggun. Art deco ini merupakan sebuah karya seni yang Seringkali dengan warna-warna cemerlang dan bentuk sederhana untuk merayakan hadirnya dunia arsitektur yang banyak menarik perhatian sampai saat ini . 

Art Deco sendiri disini  juga sangat mempentingkan arsitektur pada waktu zaman kolonialisme penjajahan  bisa dilihat di derah kota tua Jakarta banyak sekali di sana terdapat bangunan arsitektur yang memakai seni art Deco .

Kelebihan dan kelemahan art deco :


Kelemahannya di satu pihak gerakan modernisme membebaskan diri dari keterikatan Arsitektur Klasik, tetapi di pihak lain.

Kelebihannya membuat “ikatan” sendiri dalam bentuk konsensus internasional. Art Deco merupakan sebuah seni menginduk pada modernisme hanya saja lebih fokus pada berbagai variasi dekoratif dalam berbagai produk. Karakter yang paling utama adalah bentuk Geometrik murni dan Kesederhanaan. 
Contoh gambar dalam aliran art deco               








7.Ekspresionisme  : Aliran seni  lukis  yang memandang dan mengungkapan  kebebasan jiwa sebagai dasar ungkapan yang di tuangkan dalam sebuah kanvas. Vincent Van Gogh (1850) adalah tokoh yang menjadi tonggak kemunculan aliran ekspresionisme.

Ciri-ciri aliran Ekspresionisme sebagai berikut :

1.Mengutamakan tema berdasarkan kebebasan .
2.Selalu memberikan efek yang bisa di ambil dari kasat mata.

Tokoh-tokoh yang ada dalam Ekspresionisme :

Edvard Munch(1863-1944)Kirchner, 
Ernst Ludwig (1880-1938)
Heckel, Erich (1883-1970)
Marc, Franz (1880-1916)
Macke, August (1887-1914)

contoh gambar aliran ekspresionisme














8.Kubisme : Aliran seni lukis yang sangat mengungkapan  bahwa segala bentuk yang terwujud dari sebuah benda –benda geometris seperti kubus, bola, segi tiga, kerucut dan biasanya paling banyak dipakai adalah kubus.



Ciri-ciri aliran Kubisme sebagai berikut :


1.Banyak memakai bidang ruang dan geometris.

2.Gambarnya selalu kelihatan ceria.


Tokoh-tokoh dalam Kubisme adalah sebagai berikut :

selinderPicasso, Pablo(1881-1973)
Braque, Georges(1882-1963)

Gris, Juan (1887-1927)

contoh gambar dalam aliran kubisme



9. Primitivisme        :  Merupakan aliran seni  terlihat seperti seni yang dilakukan oleh seorang seniman yang berdasarkan pada sebuah objektivitas yang di inginkan . Biasanya gambar yang dilukis dengan sangat sederhana, dan subyek yang "datar", atau dua-dimensi.


Ciri-ciri dalam aliran Primitivisme sebagai berikut :
1.Menggambarkan sebuah subyek dengan bagian yang sangat datar.
2.Terlihat sebuah objek yang sangat sederhana .
3.Aliran ini sangat terikat dengan kehidupan sebuah manusia pada zaman dahulu.



Tokoh-tokoh dalam aliran Primitivisme :

Paul Klee,Henri Matisse mereka juga tokoh dalam seni lukis aliran Primitivisme


Contoh dalam aliran Primitivisme sebagai berikut :







10.Impresionisme            : Merupakan sebuah  aliran seni lukis yang mengungkapannya berdasarkan  kenyataan alam yaitu murni yang berasal dari temuan objek alam sekitarnya dengan pertimbangan seniman berdasarkan kondisi alam apa yang dia inginkan .


Ciri-ciri Impresionalisme sebagai berikut :
1.Karya tidak mendetail hanya kesan tanpa garis penegas
2.Obyek yang dihasilkan agak kabur
3.Objeknya sangat alami

Tokoh-tokoh dalam Impresionisme sebagai berikut :  


Tokoh aliran ini : Claude Monet,

 Aguste Renoir, Casmile Pissaro, SIsley, Edward Degas dan Mary Cassat. 

Di Indonesia penganut aliran ini : Kusnadi, Solichin dan Afandi.


 contoh gambar dalam aliran Impresionisme





11. Abstrak          : Aliran seni lukis yang beranggapan bahwa dalam setiap gambarnya tidak ban yak bentuk yang tidak menyamai bentuk  dari alam melainkan imajinasi dari sang seniman sendiri.  


Ciri-ciri aliran abstrak :Seni ini menampilkan unsur-unsur seni rupa yang disusun tidak terbatas pada bentuk-bentuk yang ada di alam. Garis, bentuk, dan warna ditampilkan tanpa mengindahkan bentuk asli di alam.


Tokoh-tokoh dalam abstrak adalah sebagai berikut :

Kandinsky, Wassily(1866-1944)
Delaunay, Robert (1885-1941)
Delaunay-Tesk, Sonia (1885-1979)
Malevitch (!878-1935)
Mondrian (1872-1944)


Contoh gambar dalam aliran abstrak



12.Fauvisme                       : Fauvisme berasal dari bahasa  Prancis “Les Fauves”, yang artinya binatang liar. Merupakan sebuah Aliran seni yang  sangat mengungkapam kebebasan berekspresi, sehingga banyak objek lukisan yang dibuat kontras dengan aslinya.


Ciri-ciri aliran Fauvisme sebagai berikut :
-Warna-warna yang dipakai jelas tidak lagi disesuaikan dengan warna di lapanganPenggunaan garis dalam fauvisme disederhanakan sehingga pemirsa lukisan bisa mendeteksi keberadaan garis yang jelas dan kuat.


Tokoh-tokoh dalam aliran Fauvisme sebagai berikut :


Henri Matisse

Henri Manguin
Charles Camoin
Henri Evenepoel

contoh dalam aliran Fauvisme



13.Pointilisme                    : Aliran seni luki  yang mana sangat memanfaatkan teknik melukis dengan sebuah titik-titik sebagai ciri khas lukisannya dan yang mana merupakan kelanjutan dari tenik melukis impresionisme.


Ciri-ciri lukisan pointilisme sebagai berikut :


1.Objek warna-warni yang merupakan paduan berbagai macam warna-warna cerah.
2.Objek terlihat bahwa warna cerah ini tersusun dari banyak titik-titik kecil berwarna kuning, hijau, dan biru.
3.Dengan mengubah kombinasi titik-titik warna primer, pelukis pointilisme menciptakan ilusi bahwa mereka menggunakan banyak warna.
4. Kumpulan titik-titik warna primer ini akan menghasilkan warna lebih cerah. dibandingkan saat pelukis mencampur warna pada palet untuk kemudian digunakan melukis. Kanvas putih di antara titik-titik dapat meningkatkan efek ini.



Tokoh-tokoh dalam seni lukis pointilisme sebagai berikut :


Paul Signac adalah seorang pelopor lainnya. Seniman terkemuka lain yang menggunakan teknik serupa termasuk Vincent van Gogh, Henri-Edmond Cross, John Roy, dan Henri Delavallee.

Contoh gambar aliran dalam pointilisme

14.Futurisme     : Futurisme adalah aliran seni yang mendukung perkembangan tipografi sebagai unsur ekspresidalam design dan juga Futurisme Aliran seni lukis yang mengimbangi segala sesuatu yang serba cepat dan dinamis dan lebih efisien .



Tokoh-tokohnya futurisme sebagai berikut  :· Giacomo Balla, painter· Umberto Boccioni , painter, sculptor· Carlo Carrà, painter· Filippo Tommaso Marinetti, poet· Gino Severini, painter

Contoh gambar dalam aliran futurisme

15.Pos Impresionisme   :Aliran seni lukis yang berkelanjutan dari impresionisme yang lebih banyak mengejar pada cuaca.Cuaca ini sangat berpengaruh dalam hasil lukisannya tersebut .


Ciri-ciri aliran seni lukis Pos Impresionisme sebagai berikut :

1.Post-Impresionisme pertama-tama mendapat pengaruh dari gerakan Impresionisme

2.Lukisan sangat berpengaruh pada lingkungan alam 3.Langsung menggambar pada objek yang langsung


Tokoh-tokoh dalam seni lukis Pos Impresionisme sebagai berikut :Gauguin, Paul(1848-1903)Emile Bernard (1868-1941)Henri Fantin Latour (1836-1904)Édouard Vuillard(1868-1940)

Contoh gambar dalam pos impresionisme


16.Surealisme    : Aliran seni lukis yang sangat menampilkan sosok natural yang diolah  menjadi sebuah objek dalam alam mimpi .


Ciri-ciri dalam aliran surealisme sebagai berikut :
1.Seni surealisme memiliki keyakinan bahwa karena bebas dari aturan, pikiran cenderung lebih imajinatif dalam ide-ide yang dihasilkannya.
2.Kebanyakan seniman yang melukis dalam bentuk surealis, menggunakan asosiasi bebas menggunakan salah satu dari dua metode berekspresi, Absolute Surrealism dan Veristic Surrealism.


Tokoh-tokoh dalam aliran Surealisme
1.Ernst, Max (1891-1976)
2.Magritte, René (1898-1967)
3. Miro, Juan (1893-1983)
4.Dali, Salvador(1904-1989)
5.Chirico, Giorgio de (1888-1978)


Contoh gambar surealisme



17.Dadaisme      : Aliran seni lukis dengan cara menyajikan karya artistic dari bentuk yang seram, magic,mengerikan, kekanak-kanakan (naive), terkadang mengesankan.


Ciri-ciri dalam aliran dadaisme sebagai berikut :
1.Dominasi warna hitam, merah putih hijau dengan pewarnaan primer, tajam dan kontras

2.Cenderung menggambarkan kembali kearah primitif, kuno, magic, main-main, naïve


Tokoh-tokoh dalam dadaisme sebagai berikut :
1.Paul gauguin2.Paul klee

contoh gambar aliran dadaisme



18.Pop Art                        : Seni yang populer melainkan seni yang menggunakan obyek/benda yang populer sebagai subject-matter, dan berhubungan dengan imajinasi  kebendaan di lingkungan sehari-hari.

Ciri-ciri aliran Pop Art sebagai berikut :

1.Selalu mengutamakan imajinasi di lingkungan
2Selalu bersifat kebendaan
3.Selalu menggunakan objek yang dianggap menarik


Tokoh-tokoh dalam Pop art sebagai berikut :
1. Olden Burg, Rosenguist, 2. Andy Warhol,3.Jim Dine,4. Lichtenstein

Contoh dalam aliran pop-art sebagai berikut :


19.Optik Art                    : Aliran seni lukis yang memanfaatkan ilusi mata, yang mana ilusi bisa menjadikan sebagai imajinasi


Ciri-ciri dalam aliran Optic Art sebagai berikut :


1.Pada umumnya seni optik bertsifat abstrak, formal, dan eksak.
2.Seni optik dengan wujudnya yang khas berupa susunan geometris berulang-ulang, merupakan semacam usaha untuk mengeksploitir kelemahan mata dengan ilusi ruang (dan terkadang gerak semu).

Tokoh-tokoh dalam aliran optic art sebagai berikut :

1.Tokoh seniman optik yang sering dinamakan sebagai Bapak Seni Optik ialah M.C.Escher. Dia adalah seorang seniman grafis dari Belanda.
2. Albers adalah seniman optik yang banyak menggali kemungkinan visualisasi optik pada karya lukisannya

Contoh gambar dalam aliran optic art



20.Post modernisme                 : Postmodernisme mendasarkan pandangan pada hiper-realitas, mereka bisa sangat dipengaruhi oleh hal-hal yang disebarkan melalui media.


Ciri ciri pos modernisme sebagai berikut :

1. Pemikiran selama era postmodernisme didasarkan pada dasar yang tidak ilmiah dan proses berpikir irasional sebagai reaksi terhadap modernisme.

2. Sifat hirarkis dan terorganisir serta determinasi iptek menandai modernisme. Sebaliknya, postmodernisme didasarkan pada anarkisme, non-totaliter, dan ketidakpastian.


Tokoh-tokoh pos modernisme sebagai berikut :1.  Charles Sanders Pierce2.  Roman Osipocich Jakobson3. Roland Barthes

Contoh gambar aliran posmodernisme sebagai berikut :

21. Art Nouveau               : Aliran ini muncul sebagai sebuah bentuk reaksi terhadap industrialisasi dan gaya mesin yang dianggap dapat menghilangkan sifat manusiawi dalamkehidupan manusia. Aliran ini menganggap mesin dan teknologi telah mengambil alih dan mendominasi kehidupan manusia, maka dari itu ukiran dan ulir flora pun dibuat cenderung ‘berlebihan’ untuk menekankan keterampilan yang sifatnya sangat emosional.


Ciri-ciri aliran Art Nouveau sebagai berikut :
1.Gambarnya terlihat sangat berlebihan
2.Ukiran flora sangat cenderung berlebihan
3.Terlihat sering menggunakan sifat manusiawi


Tokoh-tokoh Art Nouveau:- Charles Rennie Mackintosh (Inggris)- Henry Van De Velde (Ausria)- Antoni Gaudi (seorang Arsitek Spanyol_- Felix Bracquemond (1833-1914; Perancis)- Eugene Grasset (1845-1917; Swiss atau Perancis)

Contoh-contoh dalam aliran gambar art nouveau

22. Constructivism           : Constructivism adalah sebuah konstruksi yang mengatur pada sistem sosial, yang ditandai oleh penggunaan metode industri untuk menciptakan object geometris.


    Ciri-ciri aliran seni dalam konstruktivisme :
1.penggunaan hurufsans-serif berwarna merah dan hitam
2.gambar sebagai pengalaman visual yang terjadi secara serentak.


Tokoh-tokoh dalam konstruktivisme sebagai berikut :
Naum Gabo - (1890-1977)Moisei Ginzburg, architect (1892-1946)Don Gummer - sculptor (1946-)Ella Bergmann-Michel - (1896-1971)Norman Carlberg, sculptor (1928 - )

gambar aliran konstruktivisme  



23 . SIMBOLISME              : Simbiolisme adalah yang memakai symbol ( lambang ) untuk mengekspresikan sebuah ide – ide menjadi sesuatu yang sangat menarik .


Tokoh-tokoh dalam aliran Simbolisme : Pelukis William Blake ( Inggris ), Pierre Puvis de Chabannes ( Perancis ), Jan Toorop ( Belanda ).Contoh gambar dalam aliran seni Simbolisme



24. MONUMENTALISME :Merupakan sebuah aliran seni yang bersifat menimbulkan kesan peringatan pada sesuatu yang agung atau yang sangat mengagumkan.





Contoh gambar aliran Monumentalisme


sumber materi aliran seni bisa dilihat sebagai berikut .http://www.academia.edu/4943083/Contoh_Aliran_Klasikisme_karya_Jacques_Louis_David_Wattenhttp://www.slideshare.netApresiasi Seni Rupa Modern Mancanegara,Drs.Hery Santosa, M.Sn. http://www.amazine.co/22368/sejarah-karakteristik-aliran-seni-lukishttp://senirupa.tumblr.com/post/42752693860/gerakan-atau-aliran-dalam-senirupa








7 comments:

Lagi Galau? Ini Kata Mutiara Merry Riana Untuk Membuat Hidupmu Berwarna!

Merry Riana, sebuah nama yang tidak asing lagi bagi telinga kita. Di usia yang masih 38 tahun, ibu dari dua orang anak ini sukses menj...